Peluang Bisnis Makanan yang Menjanjikan

Seperti yang kita ketahui, makanan dan minuman menjadi salah satu kebutuhan utama yang pasti diperlukan oleh setiap manusia, inilah yang menjadi alasan mengapa dari tahun ke tahun bisnis makanan selalu menjamur dimana-mana.

Ditambah lagi Indonesia termasuk negara dengan tingkat konsumtif paling tinggi di dunia yang menjadikan peluang bagi kita untuk terjun di usaha kuliner yang menjanjikan ini semakin tinggi. Negara ini juga sangat terkenal dengan keaneka ragaman kuliner di tiap-tiap daerah. Apabila kita jeli peluang ini bisa diaplikasikan menjadi bahan dasar “inspirasi” untuk membangun usaha kuliner yang menjanjikan.

Di kota-kota besar sudah sangat menjamur berbagai jenis usaha kuliner yang menjanjikan dan menyesuaikan dengan selera anak-anak remaja saat ini. Sangat banyak inovasi-inovasi yang tercipta di tengah kompetisi bisnis yang sangat ketat.

Kalau kita lihat para pelaku bisnis kuliner yang menjanjikan, kebanyakan selalu membuat “inovasi” yang tiada henti. Mereka tidak ikut-ikutan tren pasar, sebab selera pasar itu rasio kejenuhannya besar. Artinya, sangat riskan adanya perubahan selera pasar dalam masa yang sangat cepat. Misalnya, orang jaman dulu tidak menyukai keju. Lihatlah jaman sekarang? Hampir semua orang menyukainya, bahkan anak-anak muda. Ini hanyalah salah satu contoh saja bahwa tren pasar itu berkembang sangat cepat.

Karena inilah, jika kita amati pelaku usaha yang sukses di bisnis makanan yang menjanjikan ini telah mempersiapkan secara baik akan seperti apa model bisnis mereka ke depannya.

Dalam proses ini dapat kita sebut dengan “riset pasar”. Pada intinya, riset pasar tersebut berguna supaya kita tahu karakteristik calon konsumen kita. Sehingga, kita bisa merencanakan strategi produk dan marketing dengan lebih efektif.

Saya Tidak Punya Background Pendidikan Memasak, Apakah Mampu?
Mungkin itukah yang terlintas dalam angan kita jika akan menciptakan bisnis kuliner yang menjanjikan?

Ya, tak hanya Anda penulis pun juga terkadang memikirkan hal demikian. Tidak hanya bisnis makanan yang menjanjikan saja, namun di semua bisnispun juga seperti itu. Apa bisa mengembangkan bisnis yang kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan apapun tentang bisnis tersebut?

Baca juga  Cara Memasarkan Bisnis Es krim Buatan Sendiri yang Mempunyai Nilai Jual Tinggi
Jika kita perhatikan, tidak sedikit orang-orang berhasil berbisnis kuliner yang menjanjikan dan mereka tidak mempunyai pengetahuan pendidikan memasak sekalipun.

Kami ambil contoh penemu KFC, siapa sih yang tak tahu dengan fast food ini? KFC dibangun oleh Harland David “Colonel” Sanders.

Ia memang pensiunan anggota tentara di Amerika Serikat dengan pangkat kolonel. Bahkan beliau menciptakan bisnis KFC tersebut di umur 60 tahun! Bukanlah usia muda lagi bukan?

Yang menjadi faktor utama kenapa beliau sukses menjalankan KFC hingga sebesar ini yaitu kegigihan dan passion yang kuat di hal memasak.

Walaupun kita tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bisnis yang akan kita jalani, tapi asalkan kita memiliki tekat untuk serius berusaha maka hal tersebut dapat diatasi.

Jadi, tidak ada alasan bahwa kita tidak memiliki pengalaman pendidikan dan umur yang masih muda atau terlalu tua untuk membangun sebuah bisnis. Tidak ada istilah telat dalam memulai bisnis, namun kalau kita tidak memiliki niat dan tekat untuk mengawalinya maka saat itulah kita telah gagal.

Lantas Apa Saja Peluang Usaha Makanan yang Menjanjikan?
Jika boleh penulis katakan, sesungguhnya semuanya menguntungkan. Sebab semuanya itu punya “pasar” masing-masing.

Misalkan produk makanan A ditujukan untuk anak muda, akan tetapi tidak cocok untuk kalangan orang tua. Dan mungkin saja produk B pasarnya untuk orang tua tapi tidak cocok untuk anak remaja.

Jadi, masukan dari penulis lakukanlah riset terlebih dulu mengenai jenis makanan yang menjanjikan apa yang akan Anda jual. Riset yang paling utama ialah riset produk, target “market” dan lokasi memasarkan produk.

Setelah berhasil menentukan jenis produk apa yang akan di pasarkan dan lokasi untuk menjual produk makanan  maka Anda harus belajar mengatur manajemen produksi, pemasaran, dan lain sebagainya. Karena lokasi strategis dan produk bagus saja tidak cukup agar dagangan bisa laku.

Nah jika riset sudah benar maka Anda telah siap untuk mengambil peluang usaha makanan yang menjanjikan ini, segeralah mencari uang untuk modal awal. Anda bisa berhutang ke saudara atau kerabat terdekat, atau bisa saja menggunakan uang hasil tabungan Anda.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-bisnis-makanan-yang-menjanjikan/

Manfaat Sosis Daging yang Belum Diketahui


Amati penampilan kemasan sosis daging. Jika terlihat selaput atau lendir tipis seperti susu disekitar sosis daging, sekiranya jangan membeli sosis daging tersebut alasanya, kondisi ini mengindikasikan kalau sosis daging yang telah rusak.

Hanya saja, karena kadar lemak dan kolesterol sosis daging yang cukup tinggi, sebaiknya sosis daging tidak dijadikan sebagai menu rutin bagi anak-anak guna menghindari masalah obesitas dan penyakit-penyakit yang mengikutinya, dikemudian hari.

Berikut beberapa Tips khusus dalam memilih sosis daging yang berkualitas.
Pilihlah sosis daging yang memiliki jangka kadaluwarsa yang masih lama dan simpanlah dalam lemari pendingin.
Pilihlah sosis daging yang bebas dari pewarna buatan, meskipun hal tersebut disahkan oleh negara kita. Jika terlanjur membeli sosis daging yang nampak merah mencolok, baiknya hindari membeli kembali merk tersebut. Karena kemungkinan besar pembuat sosis daging memanfaatkan pewarna dalam ukuran berlebih atau barang kali malah menggunakan pewarna teksti.

Sosis daging merupakan jajanan yang terbuat dari perpaduan sempurna antara daging dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan unik. Sedangkan daging yang biasa dimanfaatkan dalam pembuatan sosis daging adalah ikan bandeng, daging sapi, daging ayam, domba, ikan dan babi.

Protein juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis daging yang bermutu minimal mengandung protein minimal 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika standar ini terpenuhi pada tiap sosis daging, maka dapat simpulkan bahwa sosis daging adalah jajanan yang baik.

Selesai diolah, adonan yang berasal dari daging fresh tersebut kemudian dikemas dengan selongsong bahan yang terbuat dari usus hewan contohnya sapi, kambing, domba, dan babi, atau bisa juga menggunakan plastik.

Vitamin B12: salah satu vitamin yang terkandung di tiap makanan yang berasal dari hewan. Vitamin ini tidak terdapat pada tumbuhan kecuali yang mengalami reaksi fermentasi saja, seperti tempe atau sayuran yang telah difermentasi. Vitamin tersebut juga berfungsi dalam mengaktifkan struktur folat serta diperlukan dalam metabolisme sel-sel.

Baca juga  Cara Membuat Hot Dog Rebus Termudah
Jerman menjadi acuan dari pengolahan sosis daging, karena di wilayah tersebut sosis daging dijadikan sebagai makanan utama. Disamping itu, lebih dari seribu macam sosis daging telah berhasil diproduksi di Jerman.

Sosis daging memang bukan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Lebih-lebih ketika kesehatan kita kurang baik.
Sosis daging dan kebaikannya
Selain praktis dan tahan lama, sosis daging ialah cemilan yang memiliki kelezatan serta rasa gurih yang spesial. Inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa panganan ini tinggi sekali peminatnya di Nusantara.

Jika Anda ingin menjadikan makanan yang kaya akan gizi ini sebagai ladang usaha di rumah, Anda bisa memanfaatkan mesin pengolah makanan di Ramesiamesin.com. Kami menyediakan berbagai alat untuk memproduksi makanan yang berkualitas dan lebih cepat, baik dalam skala kecil maupun besar.
Mesin-mesin yang kami sediakan adalah mesin dengan kualitas terbaik dan bergaransi. Kurang apalagi? Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami di Ramesiamesin.com Rajanya mesin.

Sosis daging memang bukan jajanan asli orang Indonesia, tetapi sangat populer di setiap sajian masakan Indonesia. Sosis daging awalnya diolah dengan tujuan untuk mengawetkan setiap makanan yang berbahan baku daging. Sosis daging sendiri pertama kali diperkenalkan oleh orang Sumaria (sekarang Irak) pada tahun 300 SM.

Dengan komposisi utama daging, sosis daging menjadi makanan yang kaya akan protein dan memiliki beberapa faidah bagi kesehatan kita. Diantaranya ialah:
Protein: berhubung bahan baku pembuatan sosis daging berasal dari daging, otomatis sosis daging mengandung protein yang amat bagus bagi kesehatan. Disamping berfungsi sebagai elemen pembangun, protein juga merupakan zat penghantar mineral yang baik ke seluruh sel-sel tubuh.

Jika anak anda suka makan sosis daging, sebaiknya anda memilih produk sosis daging dengan kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi (maksimal 10%). Dengan alasan tersebut, anda harus jeli menelaah kandungan nutrisi pada label.

Namun, tulisan-tulisan yang berkaitan dengan sosis daging pertama kali dikenali melalui sebuah dokumen Yunani Kuno yang dicatat pada tahun 500 SM. Kemudian sosis daging makin dikenal di dunia dan kawasan Eropa, terkhusus Jerman.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Makanan Beku Murah Meriah dan Menjanjikan

Bisnis Donat Rumahan