Cara Membuat Waffle Rasa Pandan yang Enak

Waffle adalah jenis makanan yang sudah cukup populer di daerah Eropa dan sekitarnya, dimana saat ini sudah mulai merambah ke Negara kita, yang demikian itu terlihat dari maraknya penjualan waffle di pinggir jalan dan restoran. Jenis waffle yang paling terkenal adalah roti waffle yang berasal dari Belgia dengan nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan masih banyak yang lainnya.

Waffle ialah roti yang berasal dari negara Belgia dan memiliki motif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan makanan asli Indonesia, tetapi makanan ini sudah banyak dijumpai di cafe yang ada di tanah air.

Saat proses pembuatan roti waffle terkadang yang sulit untuk anda lakukan ialah menemukan pencetak khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dengan cetakan roti lainnya. Tetapi untuk pembentukan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda bisa dengan mudah untuk membentuknya.

Roti waffle sangat cocok disajikan untuk makan pagi, seringkali roti waffle dihidangkan bersama topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai selera, roti waffle juga bisa disandingkan bersama kopi. Terdapat juga beberapa orang yang lebih suka mengkonsumsi waffle sebagai dessert.
Akan tetapi apakah anda sudah tahu bahwa roti waffle mempunyai beraneka macam jenis?
Berikut 6 macam kue waffle yang paling terkenal di dunia :

1. Jenis-jenis waffle
Berikut merupakan beberapa macam roti waffle yang biasa kita jumpai di sekeliling kita. Inilah penjelasannya:
a. Waffle Amerika
Ini adalah varian roti waffle yang dihidangkan di All Good. Roti waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.
Biasanya American Waffles memiliki bentuk yang lebih tipis dengan isi yang padat. Walau mempunyai ukuran padat, America waffles tetap mudah dipotong seperti kue pancake.
b. Waffle Belgia
Waffle Belgia biasanya memiliki berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Belgian waffles mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang.
Sesungguhnya apabila dilihat dari sejarahnya, Aslinya Belgian Waffles hanya dicampur gula saja tanpa dicampur topping lainnya. Pencampuran topping di waffle Belgia ini dapat dibilang telah mengkontaminasi keautentikannya.
c. The Liège waffles
Resep The Liège waffles diadaptasi dari adonan kue Brrioche yang memiliki rasa manis. Hal itulah yang menyebabkan waffle ini terasa padat dan manis di mulut.
d. Hong Kong waffles
Di Hong Kong, roti waffle biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Warga Hong Kong bisa menikmatinya disaat kondisi hangat.
Hong Kong Waffles mempunyai tekstur bulat-bulat seperti roti cubit. Pedagang waffle di Hong Kong memiliki kebiasaan meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.
e. Scandinavian waffles
Scandinavian waffles dicetak tipis setelah itu dibentuk menyerupai bentuk hati. Biasanya di atas Scandinavian waffle ditaburkan gula, stroberi, selai, dan berbagai jenis buah.
f. Stroopwafels
kue waffle bergaya Belanda ini ialah kue waffle tipis ditambahkan dengan sirup di dalamnya. Adonannya terbuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.
Stroopwafels adalah waffle yang dibelah menjadi dua bagian yang sama saat masih dalam proses dipanggang. Barulah waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

Baca juga  Cara Membuat Crepes Aneka Rasa
2. Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Waffle
Cara membuat waffle yang akan kami berikan berikut adalah resep yang tidak banyak berbeda dengan resep belgian waffles yang sudah cukup terkenal, sehingga membuat waffle ini menjadi cukup enak dan garing.
Untuk mendapatkan waffle yang enak dan bergizi anda memerlukan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 250 gram tepung terigu.
b. 1/20 kg margarin cair.
c. 2 gelas susu cair.
d. Setengah sendok garam halus.
e. Tiga butir kuning telur ayam.
f. 3 putih telur ayam.
g. 2 sdm gula pasir putih.
h. Empat sdt baking powder siap pakai.
i. Terakhir vanila powder, secukupnya.

3. Resep Membuat Waffle Spesial Renyah Gurih.
a. Sediakan 2 wadah yang berlainan sebagai tempat mencampurkan bahan adonan, letakan tepung terigu, gula pasir, garam halus, bubuk vanila, dan baking powder pada tempat awal, setelah itu aduk sampai tercampur semua.
b. Selanjutnya masukan margarin cair, kuning telur dan susu cair, berikutnya aduk sampai merata.
c. Selanjutnya larutkan adonan cair pada wadah kedua kedalam wadah pertama, kemudian aduk sampai seluruh bahan tercampur secara rata.
d. Setelah itu masukan putih telur ke dalam alat mixer hingga berubah warna menjadi putih seperti warna busa sabun.
e. Masukan hasil mixeran putih telur ke wadah 1, lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
f. Panaskan loyang waffle sambil mengolesi semua bagian atas loyang dengan margarin.
g. Masukan adonan waffle secukupnya, usahakan seluruh permukaan loyang ditutup dengan adonan kemudian tutup dengan rapat.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-waffle-pandan/

Cara Membuat Capcay Goreng Super Enak


Anda pasti mengenal panganan yang dikenal capcay. Kuliner ini sangat cocok dijadikan sebuah menu makanan yang nikmat bagi keluarga Anda. Sebab, selain rasanya yang ekslusif, cap cay juga kaya akan kandungan nutrisi didalamnya. Kandungan nutrisi tersebut tentu saja cukup berguna untuk kesehatan tubuh.

Di samping itu, cap cay juga dapat dimasak menjadi beberapa macam hidangan makanan sehari-hari terlebih dibuat menjadi sop kuah yang nikmat. Dilengkapi beberapa rempah-rempah yang menyehatkan, kuliner ini tentu akan meningkatkan selera makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara digoreng maupun dengan cara diberi kuah, cap cai dua-duanya sama lezatnya.

Capcay, cap cay atau capcay ialah salah satu menu masakan yang berawal dari adat masyarakat Tionghoa. Kata capcay sendiri berarti 10 sayur, akan tetapi
meskipun demikian tidak berarti kita harus menggunakan sepuluh jenis sayuran saat membuat capcay. Konkritnya, capcay dapat diartikan sebagai kuliner yang menggunakan banyak varian sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cai yang akan kita buat kali ini merupakan jenis capcay sederhana. Sebetulnya, resep menu cap cay sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cay jenis lainnya sebab sama-sama menambahkan berbagai varian sayuran, dan yang membedakan hanyalah proses pembuatannya. Sesuai istilahnya, proses memasak berbagai macam sayuran ini dapat dimasak menggunakan kuah atau dapat juga ditumis dengan air secukupnya.

Ketika memasak capcay, lagi-lagi tidak ada resep yang pasti & tidak harus menambahkan sepuluh jenis sayuran. Seperti umumnya, bahan-bahan baku capcay sederhana diantaranya adalah: kembang kol, buncis, sawi hijau, cai sim, kapri, jamir kuping segar, jagung muda dan lain sebagainya. Resep cap cai sederhana tidak mematok berapa jumlah atau macam-macam sayuran, semua tergantung pada minat dan ketersediaan bahan.

Resep Capcay Sederhana Lezat dan Praktis
Di saat memasak capcay, yang perlu kita perhatikan ialah tekstur sayuran agar tidak terlalu lembek. Seandainya terlalu layu, maka nilai gizi yang terkandung didalamnya akan berkurang dan warna capcay juga menjadi kurang cantik. Panaskan beberapa saat tetapi jangan sampai terlalu sebentar dan terlalu masak. Dan sebelum memasak, pastikan semua sayuran telah dicuci bersih demi menjaga kebersihannya.

Baca juga  Strategi Pemasaran Usaha Snack Box
Bahan-bahan Pokok Resep Capcay Sederhana
1. 5 buah jagung muda.
2. 5 potong kembang kol, tiris menjadi dua
3. 5 bh brokoli, belah dua
4. 5 btg buncis, iris serong
5. 1 batang wortel, iris tipis
6. 6 buah jamur kancing segar, belah dua
7. 6 btr bakso sapi, lalu diiris
8. 6 ekor udang kupas
9. 10 buah kapri muda segar, iris mengarah serong
10. 1 bh caisim, potong sedang
11. 1 buah swai hijau, iris sedang

Bumbu – bumbu
1. 4 butir bawang merah bagus, cincang sampai halus
2. 2 suing bawang putih, cincang halus
3. 1 buah bawang bombay, potong dadu
4. 1 btg daun bawang, potong pendek-pendek
5. 1 bh tomat segar, potong dadu
6. 2 cm jahe, memarkan
7. 1 sendok teh garam asin
8. 1 sdt gula pasir
9. 1/2 sendok teh merica bubuk
10. 2 sdm saus tiram
11. 1 sdm kecap manis
12. 1 sdm tepung maizena
13. 50 ml kaldu ayam cair

Cara Memasak Capcay Sederhana
1. Siapkan semua bahan baku dan pastikan sudah dibasuh bersih sebelumnya, sediakan bumbu penyedap, larutkan tepung maizena ke dalam kaldu ayam cair, kemudian.
2. Panaskan semua bawang merah, semua bawang putih dan bawang bombay hingga mengeluarkan bau harum.
3. Masukkan tomat, jahe dan daun bawang sesuai matriks di atas, masak beberapa menit hingga daun bawang agak menyusut.
4. Masukkan semua bahan, lalu masak beberapa menit.
5. Tambahkan garam asin, gula pasir, bubuk merica, saus tiram dan kecap manis. aduk sampai rata.
6. Langkah terakhir, tambahkan larutan tepung maizena dan bumbu kaldu ayam berbentuk cair, masak hingga air matang dan semakin terasa.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Makanan Beku Murah Meriah dan Menjanjikan

Peluang Bisnis Makanan yang Menjanjikan

Bisnis Donat Rumahan