Cara Membuat Popcorn Berbagai Rasa

Apa Itu Popcorn?

Apa itu popcorn? Popcorn adalah cemilan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung yang dimakan saat sedang bersantai, menonton film, dan acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang diminati oleh anak-anak dan remaja yang banyak dijual di bioskop, taman bermain, stand pasar malam, kantin sekolah, maupun kampus atau juga tempat banyak orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti itu yang jadi sasaran utama dalam menjual popcorn.
Bahan baku dari popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn sendiri adalah jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu tinggi. Lalu mentega sendiri kita pakai agar popcorn menjadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn sangatlah mudah hanya dengan memasukkan satu sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 atau 3 sendok jagung ke dalam mesin popcorn. Kemudian dalam dua menit popcorn yang gurih dan lezat siap untuk disantap.

Sebelum kita menjual popcorn sebelumnya pastikan kita sudah mencari lokasi berjualan popcorn yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn sebagai cemilan ringan, dan pastinya masih banyak variasi cemilan lainnya. Kemudian juga untuk tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus sesuai dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Kita Perlukan untuk Menjual Popcorn

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha popcorn memang masih dapat dikatakan kecil dengan pertumbuhan profit yang cukup tinggi. Memulai bisnis popcorn dapat dikatakan tidaklah sulit dengan kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah serta banyak ditemukan di supermarket. Bisnis popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi-inovasi popcorn bermacam rasa dari bumbu-bumbu yang berbeda-beda. Untuk menjalankan bisnis popcorn dengan cara yang tidak rumit Anda perlu memperhatikan 4 hal berikut ini:

1. Yang pertama, buat perencanaan ketika mengawali usaha popcorn Anda. Buatlah skema atau gambaran bisnis dengan memfokuskan jenis popcorn yang Anda buat, misalnya saja popcorn dengan rendah lemak (low fat). Anda dapat menjelaskan secara general mengenai varian popcorn tersebut mengenai rasanya, cara pengemasan yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan perencanaan lainnya.

Baca juga  Usaha Roti Sederhana yang Sangat Potensial
2. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn baik dari mesin popcorn yang digunakan hingga alat-alat pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn juga tidak termasuk makanan yang dapat mengancam kesehatan kita jika saja cara pengolahan maupun cara menyimpannya tetap terjaga. Untuk membuat produk popcorn yang memiliki mutu, kualitas serta kepercayaan yang bagus dari konsumen tentu dapatkan juga izin dari departemen kesehatan serta dengan sertifikat halal dari MUI.

3. Yang ketiga, jika Anda ingin memasarkan popcorn Anda secara online atau dengan cara membungkusnya langsung kemudian ditawarkan ke para supplier, pastinya Anda harus memberi label produk dengan brand yang unik dan baik. Dan jangan lupa untuk menyertakan bahan-bahan pada kandungan popcorn yang kita buat, berat produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi gizi, izin dari badan usaha dan informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn ke khalayak dengan membidik sasaran yang tepat. Bisnis popcorn ini banyak yang berminat serta tinggi akan permintaannya di masyarakat.

Kemudian setelah Anda tahu beberapa hal yang sangat penting untuk dijalankan dalam bisnis popcorn, Anda bisa langsung memulai usaha popcorn tersebut. Bahan-bahan baku dalam usaha popcorn ini memakai jagung serta mentega, popcorn tersebut diproduksi melalui cara memanaskan jagung dengan menggunakan suhu yang cukup tinggi hingga biji jagung mengembang. Penambahan mentega dibutuhkan sehingga menghasilkan rasa dan aroma popcorn yang enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tersebut biasanya pembuatan popcorn juga menggunakan bahan pewarna dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Resep Cara Membuat Popcorn

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:
· Biji jagung
· Mentega
· Panci (dapat diganti menggunakan wajan besar)
· Gula bubuk

Cara Membuat:

1. Sediakan panci di atas kompor. Siapkan dan takar sesuai selera jagung yang akan dibuat menjadi popcorn.
2. Campurkan 2 sendok makan mentega ke panci, nyalakan kompor menggunakan api yang sedang. Setelah mentega mulai meleleh, kecilkan api kompor dan masukkan 2 genggam biji jagung ke dalam panci.
3. Tutup panci dan sesekali coba goyangkan panci untuk membuat semua jagung terkena oleh mentega.
4. Lalu biarkan beberapa saat saja, dan Anda akan mendengar letupan-letupan kecil di dalam panci.
5. Biarkan saja hingga suara letupan berhenti, kemudian matikan kompor.
6. Buka tutup panci kemudian tambahkan gula sesuai selera, lalu campur rata.
Siap sajikan hangat. Jika menginginkan popcorn lebih berasa dan berwarna bisa dengan cara ditambahkan dengan gula cair dan pewarna makanan alam

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-popcorn-berbagai-rasa/

Cara Jitu dalam Berbisnis Kemas Makanan

1. Kemasan Harus Mempunyai Kualitas Baik
Makanan kemasan yang akan dijual wajib mempunyai mutu yang baik, dikemas dengan baik dari segi bahan yang dipergunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan harus inovatif. Bahan yang dipergunakan haruslah bahan yang bersih dan tidak terkandung zat yang mengandung bahan kimia. Tahap pembuatannya harus sesuai anjuran, misalnya gorenglah makanan dengan minyak yang bermutu dan lakukan pergantian dengan rutin. Kemudian lakukanlah pengemasan makanan yang telah digoreng dengan menggunakan kemasan yang bagus dan menarik.

2. Wajib Penuh Inovasi Baik Dalam Produk Serta Strategi Pemasarannya
Pemenang usaha ini yakni pelaku usaha yang selalu berinovasi tinggi dalam membuat inovasi yang berbeda, sehingga produk tersebut menjadi gampang dicari dan dibedakan oleh konsumen. Sehingga tidak masalah produk yang dijual telah terdapat di pasaran, asalkan produk yang dipasarkan tersebut unik dari segi inovasi dengan produk yang sudah beredar.

Baca juga  Manfaat Ikan Koi untuk Kesehatan Tubuh Manusia
3. Ciptakan Hubungan dengan Pembeli Demi Menjaga Hubungan Baik
Layani pembeli dengan sangat baik dan bijaksana, tidak masalah Anda kenal atau tidak dengan konsumen tersebut. Buatlah kesan yang mendalam kepada pelanggan, memberi senyum dan menyapanya tidak cukup sekedar perkataan, sehingga pembeli pasti akan berkunjung kembali. Selain itu menggunakan facebook atau media sosial lainnya untuk mempromosikan produk yang dijual,dan untuk membangun hubungan yang dekat dengan konsumen, karena hal ini akan memberi feedback positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Promosi dari mulut ke mulut terbukti lebih bagus untuk mendapatkan konsumen lain serta menaikkan penjualan.

4. Strategi Pemasaran yang Sesuai dengan Target Market yang Dituju
Strategi promosi yang baik akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, oleh karena itu untuk pemula usaha ini, Anda harus bisa membuat strategi pemasaran yang bagus serta sanggup menganalisa pasar untuk menaikkan penjualan. Seperti: memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan katalog produk dengan gratis kepada warga di area yang menjadi pangsa pasar.

5. Visioner, Think Big, Think Positif
Selalu berpikir ke depan dan totalitas serta berpikiran positif wajib ada dalam hati dan pikiran pengusaha. Dalam mengembangkan usaha kita dituntut untuk melayani pembeli dengan sangat baik. Sehingga jiwa yang bersih akan membuat berpikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran pendek dan tidak baik sebab sesuatu yang dipikirkan bisa menjadi hal nyata, sehingga sangat penting untuk selalu memikirkan hal positif.

6. Jangan Takut Mencoba
Apapun bisnis yang Anda kembangkan akan selalu ada kekawatiran ketika di awal-awal, jadi jangan pernah minder mencoba. Karena tidak sedikit pelaku usaha di bidang makanan yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keahlian khusus dan background dalam bidang makanan. Namun mereka nekat terjun ke dalam usaha ini karena tahu potensi usaha di sektor kuliner sangat profitable. Sehingga jangan pernah ragu mengambil peluang ini, karena pasti selalu ada yang pertama untuk setiap bisnis baru.

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Donat Rumahan

Peluang Usaha Makanan Beku Murah Meriah dan Menjanjikan

Peluang Bisnis Makanan yang Menjanjikan