Bermula dari Ide Bisnis Sampingan yang Kreatif, Kini Bisnis Roti Mantau Bisa Jadi Bisnis Andalan.

Membuat bisnis pembuatan roti mantau dengan skala kecil bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari bisnis yang profitabel. Bisnis rumahan seperti ini masuk kedalam jenis UKM yang tidak memerlukan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan space terbatas hanya dengan memakai dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa berjalan mengingat peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha roti mantau semacam ini juga bisa dijalankan di berbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas. Tentunya Anda pernah memperhatikan di kios pinggir jalan roti mantau seperti ini di jual dengan beragam rasa seperti coklat, moca, susu dan lain lain. Roti mantau ditawarkan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itulah salah satu hasil dari produk usaha roti mantau kelas ukm ini, kebanyakan penjual memasarkan rotinya dengan sistim titip ke toko, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk memeriksa jumlah roti mantau yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti mantau di kios nya mulai berkurang.

Cakupan penjualannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti mantau yang dikerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih sedikit biasanya cakupan penjualannya hanya disekitar tempat produksinya, kendaraan yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Sementara untuk usaha pembuatan roti mantau yang telah berskala lumayan besar, cakupan penjualan mereka umumnya lebih luas karena daya produksi rotinya pun lebih besar, armada yang diperlukan untuk pemasaran biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti mantau dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu mencapai luar kota.

Cara Memulai Usaha Roti Mantau
Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Pertama-tama yang harus di persiapkan adalah kemampuan atau kemahiran cara membuatnya baik dimiliki sendiri atau pun dengan merekrut sumberdaya yang berpengalaman dibidang pembuatan roti mantau.

Kemudian juga mesti di berikan berbagai alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam mengadakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak modal bisnis karena harga tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang biasa di gunakan adalah:

Baca juga  Cara Memotong Daging Sukiyaki Yang Benar
Mixer, yang berguna untuk membuat adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berperan untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti supaya ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai jenis alat penunjang lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain. Harga dari tiap-tiap mesin di atas berbeda tergantung dari jenis nya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga jika Anda ingin secara lengkap mempunyai seluruh mesin produksi roti mantau ini, dana yang harus Anda persiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu bersedih jika dana bisnis pembuatan roti mantau Anda tidak mencapai angka di atas. Contoh yang kami ulas diatas cuma sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-roti-mantau/


Tips Cara Menggiling Daging Udang Agar Lembut Sempurna

Metode 1 dari 3: Mempersiapkan Daging
1. Pilih potongan daging yang halus serja lembut . Semakin halus dan lembut daging yang Anda olah maka semakin halus dan lembut dan semakin lezat rasa bubur Anda. Apapun jenis daging yang akan Anda gunakan, daging sapi, ayam, atau domba, Anda perlu memisahkan bagian daging yang mulus yang tidak akan keras ketika dimasak.

Pada dasarnya bagian daging sapi dengan harga yang paling murah adalah potongan daging yang paling alot, jadi pandai-pandai memilih potongan daging seperti sirloin atas.

Untuk ayam, Anda bisa membeli daging tanpa tulang ataupun daging yang ada tulangnya. Jika Anda membeli daging yang bertulang, Anda wajib berhati-hati untuk memastikan| tidak ada tulang kecil yang bisa tercampur saat digiling.

2. Masaklah daging dengan lebih lama. Metode memasak lambat akan membantu daging menjaga kelezatan dan kelembapannya, sehingga lebih enteng untuk dihaluskan. Apapun bagian daging yang Anda gunakan, pertimbangkan untuk memasaknya dengan lambat agar daging matang dengan kualitas yang paling baik. Berikut ini yaitu ada beberapa metode yang bisa diterapkan:

· Kaidah braising yakni memasak perlahan menggunakan sedikit air atau kaldu
· Memakai alat masak lambat
· Merebus

3. Pastikan daging dimasak dengan suhu yang sesuai. Daging mesti dimasak terlebih dahulu sebelum digiling. Ceklah suhu daging ketika siap dimasak untuk memastikan daging tersebut telah mendapat temperature internal yang benar. Di bawah adalah suhu yang tepat untuk berbagai jenis daging:

· Ayam: 74°C
· Kuda: 71°C
· Sapi: 63°C
· Domba: 63°C

Baca juga  6 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Burger Keliling
4. Dinginkan daging secara utuh. Setelah dimasak, dinginkan daging di dalam pendingin selama 2-3 jam. Daging wajib benar-benar dalam keadaan dingin sewaktu akan diproses. Daging yang dingin jika dimasak akan memperoleh potongan-potongan yang jauh lebih lembut daripada daging yang masih panas.

5. Potong-potong daging kira-kira selebar 2,5 cm. Ambil daging dari pendingin serta potong daging menjadi potongan-potongan yang akan masuk dengan gampangdi dalam alat pemroses makanan.

Cara 2 dari 3: Menghaluskan Daging
1. Masukkan segelas daging ke dalam alat pemroses makanan. Jikalau Anda tidak memiliki alat pencincang makanan, dalam perkara ini Anda bisa untuk mengenakan blender, kendati komposisi yang dihasilkan kelihatannya tidak benar-benar lembut seperti yang dibuat di dalam alat penghancur makanan.

2. Haluskan daging hingga daging tersebut jadi tepung. “Tepung” mungkin tampak seperti kata yang lucu untuk menggambarkan daging, akan tetapi itulah kualitas yang akan diperoleh pada saat daging diproses dalam bentuk dingin. Selanjutnya haluskan daging hingga potongan-potongan daging berbentuk sangat halus, hampir seperti pasir.

3. Tambahkan cairan dan kemudian haluskan. Agar daging menjadi pure yang halus, Anda harus menambahkan sedikit air untuk menjadikannya halus. Anda akan memerlukan 1/4 gelas cairan per 1 gelas daging, terlepas dari jenis daging apa yang Anda haluskan. Tentukan dari antara cairan-cairan berikut:

· Cairan bekas memasak daging
· Kaldu daging bebas garam
· Air

4. Simpan pure daging di dalam lemari es. Di saat pure telah mencapai konsistensi yang Anda inginkan, sendokkan pure ke dalam bak penyimpanan makanan yang memiliki tutup rapat. Tempatkan pure di dalam lemari pendingin sampai digunakan. Pure akan tetap aman dikonsumsi selama tiga sampai empat hari.

Anda dapat membekukan pure daging untuk digunakan untuk proses seterusnya jika diinginkan. Pastikan untuk menempatkannya di dalam bak yang nyaman untuk disimpan di dalam lemari es.

Sebelum diproses, biarkan pure melumer dalam suhu ruang atau panaskan dengan lembut dalam oven gelombang mikro.

Metode 3 dari 3: Mencoba Variasi
1. Campurkan ke dalam sayuran yang dihaluskan untuk anak balita. Anda dapat membuat makanan pure lengkap untuk bayi dengan mengaduk beberapa sayuran yang dihaluskan dengan pure daging. Pure daging ini menambah cita rasa dan isinya. Cobalah padukan berikut:

Baca juga  Cara Membuat Adonan Roti Hotdog yang Mudah dan Benar
· Pure daging bebek ditambah dengan pure kol
· Pure daging kuda ditambahdengan pure kacang merah
· Pure daging ikan nila dicampur dengan pure apel

2. Bisa dijadikan pure daging sebagai suplemen jika dihidangkan untuk orang tua. Sementara balita tidak perlu membutuhkan garam dan bumbu tambahan lainnya, orang tua kelihatannya akan merasa pure daging tersebut lebih menggugah nafsu makan jika Anda memasukkan sedikit garam dan bumbu-bumbu. Untuk secangkir pure daging model apapun, tambahkan 1/4 stg serta 1/2 st bumbu-bumbu pilihan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Donat Rumahan

Peluang Usaha Makanan Beku Murah Meriah dan Menjanjikan

Peluang Bisnis Makanan yang Menjanjikan